Our social:

Pelatihan Proktor dan Teknisi UNBK Pendidikan Menengah Se Kalimantan Tengah Tahun 2018



UPTD  Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (BTKIP) mempunyai tugas menyelenggarakan sebagian kegiatan teknis operasional dan atau kegiatan teknis penunjang Dinas Pendidikan dalam menyelenggarakan pengkajian, mengembangkan, melaksanakan pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi baik di bidang pembelajaran maupun administrasi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 65 tahun 2008.

Dalam rangka meningkatkan ICT-literacy dan ICT-usability dalam pelaksanaan pendidikan, pemerintah  mengadakan Ujian Nasional Computer Based Test (CBT) sekarang di populerkan istilahnya menjadi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UNBK dilaksanakan serempak oleh sekolah-sekolah yang memenuhi syarat.

Sistem Ujian konvensional / Paper Based Test (PBT) dirasakan kurang efektif dan efisien dalam menghadapi masalah dan kendala saat penyiapan bahan ujian sampai dengan penggandaan dan distribusi naskah soal, kecurangan selama pelaksanaan ujian, juga proses pemeriksaan soal (scanning LIK dan scoring) yang memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Menghadapi perkembangan dunia pendidikan saat ini, khususnya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut, BTKIP selaku UPT Dinas Pendidikan Provinsi memandang perlu untuk mengadakan PELATIHAN PROKTOR DAN TEKNISI UNTUK PELAKSANAAN UNBK PENDIDIKAN MENENGAH SE KALIMANTAN TENGAH.

Kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan dari tanggal 9 – 12 Februari 2018 ini diikuti sebanyak 46 peserta Proktor dan Teknisi dari sekolah SMA/MA dan SMK se Kalimantan Tengah dan di buka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Dr. H. Slamet Winaryo, M.Si. Pelatihan ini  bertujuan untuk melatih keterampilan peserta sebagai calon Proktor dan Teknisi dalam rangka mempersiapkan sumber daya pengelola Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Satuan Pendidikan Menengah dan mensosialisasi dan memacu Sekolah/Madrasah di Kalimantan Tengah supaya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah melalui UPT BTKIP juga menghadirkan Narasumber dari Pusat Pengembangan Pendidikan (Puspendik) Kemdikbud dan beberapa orang tenaga ahli provinsi sebagai narasumber dan pelatih pada kegiatan Pelatihan Proktor dan Teknisi untuk pelaksanaan UNBK Pendidikan Menengah se Kalimantan Tengah Tahun 2018.

Dalam sambutannya Kadisdik menyampaikan Ujian Nasional yang dilaksanakan setiap tahun adalah penilaian hasil belajar oleh pemerintah atau negara yang bertujuan sebagai pemetaan masalah pendidikan dalam rangka menyusun kebijakan pendidikan nasional. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), merupakan alat untuk mendapatkan hasil tes yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan, akan dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan untuk jenjang pendidikan SMP/ MTs, SMA/ MA dan SMK. Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2018 ini menargetkan 100% terutama kepada SMA dan SMK supaya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan kepada Semua Sekolah/Madrasah di Kalimantan Tengah yang telah memiliki SDM, kelengkapan peralatan dan keunggulan TIK kita dorong dan wajib untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baik secara mandiri, mandiri menumpang dan menumpang sebagaimana yang telah dilaporkan Ketua Panitia Kegiatan ini tadi, bahkan Kami mengharapkan tidak hanya berhenti pada saat pelaksanaan Ujian Nasional semata akan tetapi diharapkan Kepala Sekolah/Madrasah dapat menerapkan dan melaksanakan baik pada UASBN, Ulangan Umum Semesteran Berbasis Komputer, Perpustakaan Berbasis Komputer terutama untuk Buku-buku Pelajaran dan Kamus Elektronik, PPDB Online, e-raport, maupun pada e-pembelajaran, e-adminisrasi, dan lain-lainnya sesuai keperluan Sekolah/Madrasah. Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2018 akan berupaya secara bertahap untuk memenuhi standar sarana dan prasarana evaluasi pembelajaran termasuk pelatihan peningkatan SDM bagi pengelolanya.

Salah satu upaya untuk membantu Sekolah Pendidikan Menengah mengatasi persoalan SDM untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kalimantan Tengah adalah melalui Pelatihan Proktor dan Teknisi sebagai tenaga Helpdesk Ujian Nasional Berbasis Komputer seperti sekarang ini, sehingga tidak ada alasan bagi Sekolah belum tersedia SDM untuk mengoperasionalkan teknis dan non teknis UNBK di Sekolah.

0 comments:

Post a Comment